1. Jurnal :
SIMULASI TSUNAMI MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY,
Fakultas Teknik Informatika Institut Teknologi Telkom Bandung.
Sumber:
Kelebihan :
- Terdapat dua buah bahasa dalam abstraksi yaitu bahasa indonesia dan bahasa inggris
- Penjelasan mengenai teori tentang tsunami dan kerak bumi sudah lengkap
- Terdapat penjelasan mengenai diagram usecase, class diagram dan struktur menu yang memudahkan pembaca agar mengerti maksud tujuan aplikasi
Kekurangan :
- Penyajian jurnal agak memusingkan pembaca karena jurnal di buat menjadi dua buah kolom penyajian
- Tidak terdapat step by step pembuatan aplikasi simulasi tsunami
- Tidak terdapat contoh atau tampilan saat aplikasi ini jalankan
2. Jurnal :
RANCANG BANGUN APLIKASI 3D PADA PENGENALAN TATA SURYA BERBASIS AUGMENTED REALITY
FAKULTAS ILMU KOMPUTER
UNIVERSITAS U’BUDIYAH INDONESIA
BANDA ACEH
Sumber :
Kelebihan :
- Menampilkan objek tata surya berbentuk 3D dengan jelas dan ada informasi nya
- Penjelasan mengenai pembuatan objek 3D sangat jelas jadi pembaca bisa belajar dan mengikuti,
- Pengaplikasian antara aplikasi augmented reality berjalan lancar dan berhasil
Kekurangan :
- Objek yang terkadang hilang dan muncul atau berganti dengan objek lain, dikarenakan posisi dan sudut pandang terhadap marker yang kurang sesuai dan pengaruh oleh cahaya
- Jarak marker dengan marker yang berdekatan terkadang menimbulkan tabrakan pada objek lain jika dilakukan pembacaan secara bersamaan, maka untuk marker yang berjarak berdekatan dilakukan pembacaan secara satu persatu agar lebih jelas, degan cara menutup dengan tangan salah satu marker yang tidak dipilih dibaca
3. Jurnal :
PEMODELAN OBYEK TIGA DIMENSI DARI GAMBAR SINTETIS DUA DIMENSI DENGAN PENDEKATAN VOLUMETRIC
Fakultas Teknologi Industri, Jurusan Teknik Informatika, Universitas Kristen Petra
Sumber :
Kelebihan :
- Dengan menggunakan pewarnaan voxel dapat dihasilkan pemodelan obyek tiga dimensi yang mempunyai sifat photorealistic dan sekaligus dapat mengatasi masalah penutupan obyek (occlusion).
Kekurangan :
- Pendefinisian ruang voxel tergantung dari ukuran objek yang hendak di modelkan. Jika ruang voxel terlalu besar maka akan terjadi pemborosan memori dan pemrosesan karena jumlah voxel yang dihasilkan akan tetap sama.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar